0

Menjadi Mahasiswa  Terasing

Siapa sih mahasiswa itu, apa yah tugas dan peran mahasiswa...?
Sering kita mendengar istilah-istilah, bahawa mahasiswa adalah agen of sosial control, agen of change dan tak kalah penting disebut sebagai iron stock. tentunya istilah-istilah tersebut tak asing lagi dari pendengaran kita. Lalu apa sih ma'na dari ketiga istilah-istilah tersebut?
Secara bahasa kita bisa mengartikan Agen Of Sosial Control adalah agen penegak kebanaran. Ketika ada kebijakan pemerintah yang tidak pro akan rakyat, ketika aparat pemerintahan melakukan tindakan yang melanggar hukum, ketika neraca hukum berat sebelah, maka disaat itulah jiwa agen of control yang ada pada diri mahasiswa bangkit untuk menegakkan kebenaran, apapun resiko yang dihadapinya, terus dan tetap melangkah sampai kebenaran dan keadilan itu benar-benar tegak. 
Pertanyaannya, apakah kita masih memegang prinsip-prinsip tersebut? (tanyakan pada diri kita)
Berikutnya Agen Of Change, secara bahasa dapat diartikan sebagai agen perubahan. Mahasiswa dituntut untuk menjadi pelopor utama dalam perubahan, tentunya perubahan-perubahan dalam arah yang lebih baik. Selain menjadi pengawal dan pengawas kebijakan untuk menjadi agen perubahan tentunya dibutuhkan langka-langkah konkrit, agar perubahan-perubah tersebut benar-benar nampak. Menjadii agen perubahan tidaklah mudah kita dituntut untuk memberikan solusi atas permasalahan yang timbul.
Selanjutnya Iron Stock, atau secara bahasa disebut sebgai agen penerus. Seiring berjalanya waktu tentunya akan ada pergantian penentu kebijakan. Siap tidak siap, hal itu akan terjadi. Apakah kita sebagai mahasiswa akan membiarkan yang menjadi penentu kebijakan adalah orang-orang yang tidak memiliki integritas, budi pekerti, etika dan moral? jika tidak, maka pantaskan diri untuk menjadi penerus. Kurang lebih seperti itulah apa yang sering dengung-dengungkan oleh mahasiswa yang katanya sebagai mahasiswa idealis.
Sahabat-sahabatku sekalian sadar tidak, kalau sudah panjang lebar saya menjabarkan ma'na istilah-istilah tersebut, namun belum ada titik temu dari judul diatas...?
Namun sebelum itu saya ingin bertanya kepada sahabat-sahabat sekalian, setuju tidak dengan apa yang saya jabarkan diatas? setuju tidak setuju anda harus setuju, jika tidak saya menantang anda untuk menuliskan esai siapa mahasiswa sesungguhnya. Jika tidak bisa berarti anda harus setuju, dan jika anda bisa, nah itulah yang saya inginkan agar anda juga menuangkan apa yang menjadi pemikiran anda dalam bentuk tulisan.
Baiklah sekarang kita membahas apa sih hubungan istila-istilah diatas dengan judul tulisan ini " Menjadi Mahasiswa Terasing".
Melihat judulnya Temen-temen kurang lebih akan fokus pada kata "Terasing" kan? lalu apa yah maksudnya? baik, kitra bahas perkata dulu yah.
Kata Terasing itu berdasar dari kata Asing yang artinya aneh,tidak biasa atau lain dari yang lain. Melihat dari kata dasarnya, mungkin temen-temen udah bisa mengartikan sendiri...?
Yaps, Menjadi Mahasiswa Terasing maksudnya adalah Menjadi Mahasiswa lain dari yang lain. Kalau begitu kita harus menjadi mahasiswa bukan agen of sosial control, agen of change dan dan bukan pula iron stock. Bukan seperti itu yang saya maksud. Istilah-istilah tersebut sangat sering didengung-dengungkan oleh mahasiswa yang katanya sebagai mahasiswa idealis. Ketika ada kebijakan pemerintah yang merugikan masyareakat, ketika neraca hukumberat sebelah, disaat itulah mahasiswa yang katanya idealis turun dijalan meneriakan semua itu, menuntut hak-hak masyarakat dan lain sebagainya, bahkan terkadang sampai menurunkan seseorang dari jabatannya, Presiden sekalipun. Namun realitanya saat ini berbeda dari apa yang diteriakkan, mahasiswa yang katanya sang idealis itu, berhenti, bungkam, dengan semua permasalahan yang terjadi saat SANG PENGGERAK massa memerintahkan untuk berhenti. Sang Penggerak memegang penting jalan tidaknya massa. Ketika Sang Penggerak ini telah mendapatkan apa yang menjadi tujuannya, maka disaat itu pula suara-suara sang idealis menghilang, bagai debu ditiup angin, hilang tanpa bekas dan akan kembali muncul jika Sang Penggerak kembali tidak mendapatkan apa yang dinginkan. Bahasa kasarnya mahasiswa yang katanya Sang Idealis itu merupakan mahasiswa RENTAL(sewaan) dari orang-orang tertentu.
Mungkin menurut sebagian temen-temen ini fitnah, ini nggak bener. Tidak, inilah realita yang sesungguhnya. Saya berani berkata seperti ini berdasarkan pengalaman dan wawancara dari temen-temen. 
Nah disinilah maksud dari judul tulisan ini Menjadi Mahasiswa Terasing, ketika mahasiswa  menjadi mahasiswa RENTAL, maka disaat itu kita tetep menjadi Mahasiswa Sang Idealis itu. Mahasiswa yang mengontrol jalannya kepemerintahan, mahasiswa yang menegakkan kebenaran dan keadilan dan mahasiwa penerus yang pro akan rakyat, bersiaplah untuk menjadi mahasiswa yang tersing itu karena godaan begitu banyak. Itulah Mahasiswa Sejati Sesungguhnya yang berada dalam keterasingan.

Salam Sukses Selalu Sang Idealis



Oleh Muh Darmawansya


Posting Komentar

 
Top